Kamis, 29 November 2012

Presentasi 4 - Standarisasi Proses Pendidikan (Strategi Belajar Mengajar dan Permendiknas no. 41/2007 tentang Standar Proses)

Kamis, 29 November 2012. Hari ini tibalah waktu kelompok 4 untuk menampilkan presentasinya mengenai Strategi Belajar Mengajar berdasarkan Standarisasi Proses Pendidikan yang berkaitan dengan Permendiknas no. 41/2007 tentang Standar Proses. Kelompok 4 ini beranggotakan Aryo khairul ikhsan, Denny Gunawan, Nanda Aditama dan Dwiki Fajar Kurniawan. Inilah resume mengenai apa yang telah kelompok 4 jelaskan pada pertemuan hari ini.

Standar Pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Dasar hukum yang mengatur standar proses pendidikan terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Komponen dalam Standar Proses Pendidikan sendiri ada 4, yaitu: Perencanaan Proses Pembelajaran, Pelaksanaan Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Pembelajaran, dan Pengawasan Proses Pembelajaran. 
Pada Perencanaan Proses Pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran,penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.
Sedangkan pada Pelaksanaan Proses Pembelajaran berisikan tentang Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran yang terdiri dari Rombongan belajar, Beban kerja minimal guru, Buku teks pelajaran, serta pengelolaan kelas.
Lalu, pada Penilaian Hasil Pembelajaran dimana pada komponen ini penilaian dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran.
Komponen terakhir, Pengawasan Proses Pembelajaran dilakukan dengan kegiatan pemantauan dan supervisi.

Sehingga dengan adanya 4 komponen ini, kegiatan belajar mengajar dikelas menjadi lancar sesuai dengan kriteria standar proses yang telah ditetapkan oleh Permendiknas no. 41/2007 tentang Standar Proses.

Demikianlah presentasi hari ini berakhir dengan selesainya materi yang telah disampaikan. Semoga saya dapat mengambil ilmu atas apa yang telah saya pelajari hari ini.

Nama: Istidana Harjanti Ismed
Kelas : PTIK Reguler
Noreg: 5235111826

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar